Senin, 03 Desember 2018

BAB.3 PERANTI MASUKAN

Add caption
 Peranti masukan adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal: (1) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio; (2) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta (3) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis peranti masukan utama antara lain adalah papan ketik, peranti penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).
    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Peranti_masukan  

1. Jenis Peranti Masukan (Input Device)
  •   Merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer.
  •  Dalam hal ini dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video dan gerakan.
  •  Ragam peranti masukan adalah seperti terlihat di bawah ini : 


- Pengetikan :
    *Keyboard :     Piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf,angka ataupun kode lain menjadi isyarat yang dapat diproses oleh komputer.
    Merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak pengenalannya yang pertama.
   Terdiri atas tombol pengetikan, angka, fungsi dan tombol kontrol.
   
   *ATM (Automated Teller Machine) :
     Disebut juga Anjungan Tunai Mandiri (dalam Perbankan)
  • ATM bekerja sebagai piranti input output sekaligus.
  • Sebagai piranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor  PIN, angka uang, dll
  • Sebagai piranti keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank)melihat perintah yang diketik.
   *POS (Point Of Sale) :
  • Merupakan piranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian.
  • Biasanya ditambah dengan fasilitas yang memungkimkan untuk memproses kartu kredit. 
  *Mouse:
  • Digunakan untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar monitor.
  • Jenis: tanpa kabel, dengan kabel dan mouse dilengkapi dengan fungsi keyboard. 

   *Trackball :
  • Memiliki fungsi yang sama dengan mouse. 
  • Bedanya, penggeseran penunjuk trackball dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan ke arah yang di kehendaki.
  • Banyak diterapkan pada komputer laptop.
  • Lebih cepat kotor oleh minyak yang ditimbulkan tangan pemakai. 

   *Pointing Stick :
  • Adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pencil, biasanya terletak pada laptop.
  • Dirancang untuk peka terhadap tekanan.
  • Jika ditekan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat. 
   *Touch Screen (Layar Sentuh):
  • Berupa monitor yang dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.
  • Biasanya terbungkus plastik dan dibelakangnya terdapat sinar inframerah yang tidak terlihat.
  *Joystick :
  • Untuk menegndalikan aplikasi permainan/game.
  • Prinsip kerjanya seperti mouse, bedanya penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. 
  *Light Pen :
  • Berupa pena yang dapat menghasilkan cahaya,
  • Memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar. 
   *Digitizer:
  • Mengkonversi gambar/foto menjadi data digital.
  • Berbentuk seperti papan plastik elektronik dilengkapi dengan mouse dan pena. 
   *Barcode Reader :
  • Adalah pola-pola hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual.
  • Barcode dibaca dengan alat yang disebut barcode reader.
  • Berupa semacam scanner fotoelektrik yang dapat mengkonver data barcode menjadi sinyal digital. 
   *Magnetik Ink Character Recognition (MICR):
  • Untuk membaca karakter-karakter khusus dan dicetak dengan tinta khusus.
  • Dicetak dengan menggunakan printer laser.
  • Biasa digunakan pada cek bank. 
  *Optical Mark Recognition (OMR):
  • Dapat membaca blok tulisan pencil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer.
  • Membaca masukan dengan bantuan refleksi optik (mengenali ketebalan tulisan).
  • Biasa digunakan pada tes PMB. 
  *Optical Character Recognition (OCR) :
  • Dapat membaca teks dan mengkonversinya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer.
  • Membantu orang yang tidak membaca dengan mengubah teks menjadi suara.
  • Terdiri dari atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. 
  *Image Scanner :
  • Dapat mengambil masukan data gambar, foto dan tulisan tangan.
  • hasilnya dapat diubah menjadi isyarat digital. 
  *Kamera Digital :
  • Memiliki sebuah sensor yang dapat mengubah sebuah citra optis ke isyarat elektronis. 
  *Pembaca Retina Mata :
  • Untuk membaca retina mata dan menghasilkan suatu identitas retina mata.
  • Identitas kemudian diproses oleh komputer untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. 
  *Pembaca Sidik Jari :
  • Untuk membaca sidik jari seseorang.
  • Hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari.
  • Biasa digunakan pada sistem kepolisian dan absen kankor. 

  Sekian Materi yang bisa saya bagikan, untuk melihat materi atau E-book yang lebih lengkapnya. Silahkan Download melalui link berikut :
Bab 3 : https://www36.zippyshare.com/v/xGnIHVY0/file.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar